Kenali Jenis-Jenis Pipa Konstruksi yang Paling Sering Digunakan

Salah satu komponen yang sangat dibutuhkan dalma pembangunan adalah pipa. Fungsi pipa sendiri beragam sesuai dengan jenisnya.  Karenanya, sangat penting untuk kita mengetahui bermacam jenis pipa, agar kita mengetahui jenis pipa apa saja yang sering digunakan.

Pipa Hitam

Sering disebut juga sebagai pipa baja. Lebih banyak digunakan untuk rumah serta bangunan lain yang membutuhkan pasokan gas alam. Kelebihan pipa ini adalah mempunyai ketahanan yang kuat serta tahan terhadap api. Bukan hanya digunakan untuk saluran gas, pipa ini juga digunakan untuk saluran pembuangan dan pipa pemanas.

Pipa Galvanis

Pipa ini terbuat dari seng, yang membuatnya tahan terhadap korosi. Jenis ini tidak cocok digunakan sebagai pemasok gas layaknya pipa hitam. Kelebihannya yang tahan lama membuat pipa ini banyak digunakan pada bangunan. Bahkan kini mulai banyak digunakan di area pertanian dan juga irigasi yang tentunya membutuhkan banyak aliran air.

Pipa Furnitur

Pipa Furnitur banyak digunakan untuk keperluan furniture seperti rangka kursi atau meja. Rangka almari pun banyak yang menggunakan pipa ini. Karakteristik pipa ini adalah kuat dan tahan lama. Selain itu keunikan warnanya yang berwarna hitam menjadikan objek yang berasal dari pipa ini terlihat artistik. Penggunaan pipa ini sering ditemukan di berbagai keperluan misalnya rangka perabot, railing tangga, perabot dapur dan fixture lampu.

Pipa Seamless

Pipa seamless adalah jenis pipa yang tidak mempunyai sambungan sama sekali sesuai dengan namanya. Bila membutuhkan sambungan, maka hanya perlu melengkungkan plat dengan mesin rol kemudian tinggal mengelasnya saja. Adapun kelebihannya adalah tahan terhadap korosi dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap suhu tinggi. Sedangkan kekurangannya adalah dari sisi harga yang cukup mahal karena dalam pembuatannya pipa ini melalui proses produksi yang kompleks.

Pipa Schedule

Pipa Schedule mempunyai ketebalan yang berbeda-beda. Ketebalan ini dipengaruhi diameter luar dan dalamnya. Biasanya pipa schedule digunakan dalam konstruksi pabrik gas, pertambangan minyak, perusahaan manufaktur, dan pembangunan restoran yang memiliki kanopi.
Terdapat 3 jenis schedule yang paling sering dikenal yaitu: standart, extra strong dan double extra strong. Pipa ini juga mempunyai penomoran yang memudahkan untuk mengetahui fungsinya dan bahan yang digunakan.

Dapatkan info harga & stok pipa dan material besi lainnya di area samarinda:
Toko Besi Sentausa
Jl. Ahmad Yani II No.12, Sei Pinang Dalam, Samarinda.
Bisa juga konsultasi via WhatsApp : 0812 1717 3157

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *