Mengenal Jenis-Jenis Karatan pada Besi

Setelah mempelajari bagaimana cara mencegah Korosi, tahukah Anda korosi pada besi memiliki beberapa jenis?

1 Korosi Celah
Umumnya terjadi ketika ada dua atau lebih logam yang terletak sangat berdekatan / berdempetan.

Posisi tersebut dapat menyebabkan berbagai celah kecil, sehingga dapat menjadi tempat untuk tertahannya berbagai zat. Kotoran, debu, dan air bisa terselip dan tertahan pada celah tersebut sehingga konsentrasi oksigen pun meningkat.

Jika konsentrasi oksigen dipermukaan lebih tinggi dibandingkan di bagian dalamnya, hal tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya korosi.

2 Korosi Galvanis
Korosi ini disebabkan karena ada dua buah logam yang berbeda, namun terletak di dalam satu elektrolit.

Dampaknya, logam yang memiliki sifat anodik lebih tinggi dapat mengalami proses karatan

3 Korosi Erosi
Korosi ini terjadi karena adanya aus pada logam, menyebabkan ada permukaan yang tampak lebih kasar atau tajam. Area tersebut menjadi semakin rawan terhadap resiko korosi.

4 Korosi Mikrobiologi
Pertumbuhan jamur, bakteri, protozoa, dan alga dapat menempel pada lapisan permukaan logam. Dampaknya akan timbul bintik-bintik karat pada permukaan tersebut.
Jenis ini dapat diantisipasi dengan melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin.

5 Korosi Lelah
Korosi ini terjadi karena logam memiliki beban siklus yang terjadi berulang atau secara terus-menerus. Lama-kelamaan Logam tersebut menjadi lelah bahkan bisa patah.

6 Korosi Tegangan
Ketika sebuah besi di tekuk atau di tegangkan, akan muncul tegangan pada bagian yang mengalami perubahan bentuk. Ketegangan tersebut akan berpotensi memunculkan reaksi terhadap lingkungan sekitarnya sehingga korosi semakin mudah untuk terjadi.

Itulah jenis-jenis karatan yang dapat muncul pada besi, baik besi yang masih berbentuk material maupun yang sudah difungsikan untuk kebutuhan Anda. Tentunya karat merupakan resiko yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik aset besi. Jika kondisi Besi Anda sudah tidak layak lagi di pakai silahkan mampir ke Toko Besi Sentausa untuk memenuhi kebutuhan Besi Anda

Toko Besi Sentausa
jl A YANI II no 12, Samarinda
atau hubungi wa 081217173157

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *