Perbedaan Distributor Besi dan Pabrik Besi

Distributor Besi Samarinda

Salam sukses pebisnis besi! Saat kalian ingin memulai usaha toko besi, mungkin kalian bingung mau membeli stok besi dari pabrik besi atau dsitributor besi. Nah apa sih perbedaannya?

Distributor Besi Samarinda
Distributor Besi Samarinda

Pabrik Besi

  • Merupakan tangan pertama yang memproduksi sebuah produk mulai dari bahan mentah sampai menjadi produk siap pakai.
  • Harga update mengikuti harga bahan baku pada saat itu.
  • Pabrik merupakan pemasok distributor untuk dijual lagi kepada agen.
  • Pada umumnya pembeli bisa melakukan custom, baik itu ukuran maupun kualitas.
  • Minimum order sangat banyak.
  • Umumnya, pabrik hanya memproduksi satu jenis barang dengan kuantiti yang sangat banyak. Dikarenakan dibutuhkan banyak sumber daya baik itu bahan, tenaga manusia, mesin dan lahan hanya untuk memproduksi satu jenis barang.
  • Satuan hitung : Tonase

Distributor Besi

  • Merupakan perpanjangan tangan dari pabrik untuk menjual produk kepada agen.
  • Harga kompetitif agar agen dapat menjual produknya kepada pengecer atau pemakai.
  • Pada umumnya distributor menyediakan berbagai macam jenis produk yang berkaitan, misalkan distributor besi beton, juga menjual besi bendrat, paku dll,
  • Minimum order yang lebih sedikit dari pada pengambilan di pabrik.
  • Pembeli juga bisa request agar distributor menyediakan produk tertentu.
  • Satuan hitung : Batang

Pertanyaan berikutnya adalah manakah supplier yang cocok untuk saya yang ingin usaha besi? Mari kita bahas!

Untuk memulai sebuah usaha, sebagai pemula kita harus memiliki setidaknya 2 dari 3 poin dibawah ini untuk bisa bersaing dengan pedagang yang lebih dulu memulai usaha yang sama :

  1. Inovasi Produk : Produk adalah sesuatu yang baru yang belum pernah dijual di area target pasar anda, dan produk ini harus bisa menjawab kebutuhan dan masalah target pasar anda,
  2. Variasi Produk : Anda memiliki variasi produk terlengkap, sehingga pembeli anda mendapat kepraktisan dalam berbelanja, semua yang dia butuhkan dan berkaitan ada ditoko anda.
  3. Harga Produk : Pembeli akan memilih harga yang lebih murah untuk kualitas barang yang sama.

Ketiga poin diatas adalah faktor-faktor yang menentukan keputusan membeli, namun memiliki 1 poin saja tidak cukup untuk memenangkan pasar. Harga yang murah pun belum tentu bisa membuat orang beli produk anda, namun bagaimana kalau sudah murah, variasinya banyak, inovatif juga dalam produk atau pelayanan? tentu saja kemungkinan produk anda dibeli lebih besar bukan?

Memulai usaha besi, sebaiknya kita bisa menemukan supplier yang memberikan harga kompetitif dan variasi barang yang banyak, untuk itu distributor besi atau agen besi adalah pilihan yang baik, disesuaikan dengan skala toko besi anda. Apabila anda ingin memulai toko besi namun modal anda tidak banyak, anda bisa stok sedikit terlebih dahulu dengan variasi yang banyak yang diambil dari agen-agen besi dikota anda. Apabila anda memiliki toko dan modal yang lebih besar, anda bisa membeli barang dari distributor dan menjadi agen mereka.

Kami PT. Sumber Jaya Dharma Sentausa adalah distributor besi, untuk derah jawa timur dan distributor besi Samarinda. Kami menyediakan besi berkualitas SNI Sertifikat di Surabaya dan Samarinda.  Apabila anda ingin memulai usaha toko besi di Samarinda, proyek pembangunan perkantoran, mall, hotel, pertokoan silahkan berkonsultasi dan dapatkan besi dengan kualitas dan harga terbaik.

PT. Sumber Jaya Dharma Sentausa
Distributor besi Surabaya
Distributor besi Samarinda

 

 

 

 

Distributor besi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *