Besi Beton Ulir dan Besi Beton Polos

Besi beton adalah salah satu jenis besi yang wajib dijual oleh penjual besi pemula, karena bentuknya hanya berupa batangan, sehingga kegunaannya sangat beragam. Dengan pengecoran besi beton ke beton, maka akan meningkatkan kekuatan bangunan secara keseluruhan dan memiliki beban tarik. Besi beton yang umum digunakan adalah jenis besi beton ulir karena memiliki kuat daya tarik yang lebih tinggi dibanding besi beton polos. Besi beton ulir memiliki ukuran 10mm, 13mm, 16mm dan 19mm, sedangkan besi beton polos memiliki ukuran 6mm, 8mm, 10mm, 12mm, 14mm dan 16mm.

Besi Beton Polos

Besi beton polos adalah besi tulangan beton berbentuk bundar dengan permukaan rata, mulus dan licin. Kelebihan Besi beton polos yaitu bersifat lebih fleksibel dan lentur sehingga mudah dibentuk dan dibengkokkan. Biasanya digunakan untuk mengikat batang-batang besi ulir untuk membentuk rangka-rangka beton yang biasa disebut dengan besi begel. Besi beton polos biasanya digunakan untuk membungkus dan mengikat beberapa batang besi beton ulir dalam satu konstruksi beton.

Besi Beton Ulir

Besi beton ulir adalah baja tulangan beton yang permukaannya memiliki ulir, bentuk ulir tersebut menyebabkan besi beton ulir memiliki daya ikat yang lebih tinggi terhadap beton. Besi beton Ulir memiliki daya tekan yang lebih tinggi daripada besi beton polos. Oleh karena itu, besi beton ulir memiliki kelebihan yaitu akan sulit dibengkokkan karena sifatnya yang kurang lentur. Jadi, besi ulir akan lebih cocok digunakan untuk tulangan memanjang.

Kelebihan penggunaan besi beton dalam konstruksi

  • Memiliki daya tekan yang tinggi.
  • Struktur beton yang bertulang sangat kokoh.
  • Tidak membutuhkan pemeliharaan yang tinggi
  • Dapat dirakit menjadi sangat beragam disesuaikan kebutuhan konstruksi

Anda ingin memulai usaha besi atau supply besi untuk toko anda? Kami siap memenuhi kebutuhan anda baik untuk area pulau Jawa maupun Kalimantan. Kami juga memiliki kantor cabang di kota Samarinda untuk memenuhi kebutuhan besi di kota-kota sekitar Samarinda seperti Balikpapan, Tenggarong, Bontang, Sepaku, dan kebutuhan besi di area sekitar IKN (Ibu Kota Nusantara) dan lain-lain.

1 thoughts on “Besi Beton Ulir dan Besi Beton Polos

  1. Pingback: Apa itu Kawat Bendrat? Pengertian dan Fungsi | Sentausa Steel Official Site

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *