Serba-Serbi Kegunaan Besi Siku

Besi siku adalah bahan konstruksi yang terdiri dari dua lengan yang membentuk sudut 90°. Bahan ini biasanya terbuat dari baja atau besi cor dan tersedia dalam berbagai ukuran serta ketebalan. Bentuk yang khas seperti huruf “L” pada besi siku inilah yang membuatnya menjadi material dengan kekuatan yang sangat kokoh serta stabil dan kerap digunakan sebagai bahan konstruksi, pembangunan jembatan, dan struktur penyangga lainnya

Berikut ini adalah ragam fungsi dari besi siku:

Rangka Pintu dan Jendela, Besi siku menjadi material konstruksi yang sering digunakan sebagai bahan untuk rangka pintu dan jendela karena kokoh dan mampu menahan beban yang besar sekalipun. Bentuk sudut 90° pada besi siku memudahkan Anda untuk memotong dan menyesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan.

Dekorasi Rumah, Besi siku juga sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam rumah seperti yang banyak ditemukan pada pembuatan rak buku, tempat tangki air, bahkan railing balkon. Karena besi siku tidak hanya kokoh, tetapi juga memiliki nilai estetika yang menarik dan cocok untuk membuat tampak lebih menarik.

Konstruksi Tangga, Besi siku biasanya digunakan sebagai bahan untuk konstruksi tangga agar kuat dan membantu tangga memiliki kekuatan yang prima, mengingat tangga merupakan bagian bangunan yang harus ada sebab berfungsi untuk menghubungkan 2 lantai.

Rangka Pagar, Besi siku juga sering digunakan sebagai bahan untuk rangka pagar sebab memiliki kekuatan yang mumpuni dan kemampuannya untuk menahan beban. Material besi siku yang tampak menarik dan kuat menjadi alasan utama mengapa material ini menjadi bahan yang banyak digunakan sebagai rangka pagar. Apalagi, pagar dengan besi siku sangat cocok digunakan pada desain rumah, kantor, toko, atau jenis bangunan lain yang minimalis namun tetap elegan.

Pembangunan Jalan Tol atau Jalur Kereta Cepat, besi siku digunakan sebagai bagian integral dari fondasi dan struktur penopang, memberikan kestabilan yang diperlukan untuk kendaraan bermuatan berat dan perjalanan kereta yang aman.

Selain kokoh, Besi siku juga tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem. Daya tahan terhadap korosi dan cuaca membuatnya ideal untuk penggunaan di daerah yang terpapar hujan, panas, atau kelembaban tinggi. Besi siku juga dapat didaur ulang, membuatnya cocok untuk proyek-proyek yang menekankan aspek keberlanjutan dan pengurangan dampak lingkungan.

Dapatkan info harga besi terbaik area samarinda di Toko Besi Sentausa Jl. Ahmad Yani II No.12, Sei Pinang Dalam, Samarinda. Bisa juga konsultasi via WhatsApp : 0812 1717 3157

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *