Kalimat Terlarang bagi Sales, Tips berjualan.

Simpati dan keinginan pembeli untuk mendengarkan sangat penting untuk bisa mentransfer informasi produk kita dengan baik. Saat sudah mendapatkan perhatian calon pembeli, usahakan berikan kesan pertama yang baik dan hindari membuat calon pembeli merasa risih dengan kehadiran kita. Hari ini kita akan membahas kalimat-kalimat apa saja yang sebaiknya dihindari, terlarang atau tabu bagi seorang sales atau marketing saat menawarkan produk. Berikut dengan tips kalimat yang baik untuk diucapkan oleh sales atau marketing.

HINDARI

“Ah Paling…./ Ah Pasti….. “

“Ah paling barang yang anda beli tidak sebagus punya saya”
“Ah pasti anda salah menilai kualitas…”
Saat menawarkan sesuatu, hindari kalimat yang bersifat judgement, karena akan membuat pembeli merasa anda sok tahu tentang keputusan dia dimasa sebelumnya tanpa mempertimbangkan kebutuhan, harga, pelayanan, situasi dan produk kompetitor anda. Perasaan sok tahu akan membuat calon pembeli anda menarik diri dan tidak mau mendengarkan anda.

“Anda harus… / Anda semestinya…”

“Anda harus coba produk saya”
“Anda semestinya jangan membeli… ”
Tidak semua orang suka digurui dan didikte, terutama calon pembeli. Calon pembeli lebih suka merasa dihargai dan didengarkan oleh anda. Perasaan digurui akan membuat kehadiran anda terasa mengganggu dan tidak ingin melanjutkan pembicaraan dengan anda.

“Saya tidak bisa…/ Saya tidak mungkin…”

“Saya tidak bisa memenuhi syarat anda”
“Saya tidak mungkin memberikan…”
Negosiasi sering terjadi dalam proses penawaran, entah itu negosiasi harga, negosiasi pembayaran, dll. Secara tidak langsung pembeli cukup tertarik pada produk anda, namun dia memiliki masalah tertentu yang mungkin akan menghambat. Tentu saja calon pembeli akan membeli produk dari suplier yang bisa menjawab permasalahannya. Dengan mengatakan “Tidak Bisa”, maka akan menunjukan bahwa anda bukan solusi yang dia butuhkan dan tidak bisa bernegosiasi. Meskipun sulit, hindari mengatakan tidak bisa, coba minta waktu untuk memikirkan solusi atau negosiasi lain yang memungkinkan transaksi tetap terjadi.

Berikut adalah kalimat Tabu yang harus dihindari saat proses penawaran barang. Hindari kata-kata yang melukai ego sicalon pembeli. hal ini bisa diterapkan di bidang mana saja, bukan hanya saat anda menjual besi.

Apabila anda memiliki kebutuhan besi silahkan kontak kami kapanpun. Kami adalah distriburor berbagai macam besi, mulai dari distributor besi beton, distributor paku, distributor plat besi, dan distributor besi untuk kebutuhan konstruksi lainnya. Kami berkantor pusat di Surabaya dan memiliki cabang di Samarinda. Kami menyediakan layanan retail di toko besi di Samarinda, kami juga melayani mengambilan partai loco distributor besi Surabaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *