Apa itu Besi Banci

Dalam kamus dunia besi kalian pasti akan sering mendengar istilah besi banci, bahkan sejak awal mula anda ngobrol dengan suplier anda. Nah, apa sih besi Banci itu?

Besi banci adalah besi yang ukurannya tidak sesuai dengan standart yang telah di tetapkan oleh SNI. Pada besi beton, ukuran mengacu pada diameter dari besi, misalnya besi ukuran 8, artinya besi tersebut memiliki diameter 8mm. Adapun toleransi ukuran diameter besi sesuai dengan Standart SNI yaitu 0,1mm-0,4mm. Artinya, saat anda membeli besi ukuran 8, namun saat ada ukur menggunakan sketmat ternyata angka pengukuran menunjukan angka 7,8mm, maka angka ini masih terhitung sesuai dengan standart SNI.

Sedangkan pada besi banci, ukuran bisa saja jauh dibawah standart, sebagai contoh pada besi tertulis ukuran 8, namun saat anda ukur menggunakan sketmat, ukuran besi hanya 7mm, atau 7,2mm bisa juga jauh dibawah itu. Biasanya besi banci dijual dengan harga yang lebih murah. Untuk itu, sebagai pembeli, anda juga harus cermat terhadap besi yang anda beli. Apakah suplier besi anda memang menjual besi berkualitas dengan harga yang lebih murah dibandingkan suplier besi atau toko besi lainnya, atau malah anda akan menerima besi banci.

Bagaimana cara mengetahui apakah besi yang anda beli adalah banci atau bukan?

  1. Logo SNI pada Besi
    Besi beton SNI
    Besi Beton SNI

    Besi beton yang SNI memiliki logo SNI dan merk keluaran Pabrik pada produknya. Sedangkan pada besi Banci biasanya tidak menyematkan logo Pabrik pada besinya.

  2. Ukur dengan Sketmat
    Mengukur secara random besi yang akan anda beli dengan Sketmat, apakah diameter besi masih sesuai toleransi standart SNI atau jauh dibawah itu.
  3. Sertifikat SNI
    biasanya Distributor besi yang menjual besi beton SNI, memiliki sertifikat atas produknya, anda sebagai pembeli berhak untuk meminta Distributor besi terpercaya anda untuk menunjukan sertifikat SNI nya.

Meskipun harga lebih murah, besi banci tentu saja akan mempengaruhi kualitas bangunan secara keseluruhan, dan tentu saja bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi pada bangunan anda.

Untuk itu penting untuk membeli kualitas besi yang baik besi sesuai Standart SNI. Kami, Sentausa Steel menyediakan berbagai macam besi berkualitas Standart SNI Sertifikat dengan harga bersaing, berkantor pusat di Surabaya, kami juga memiliki cabang Distributor besi berkualitas di Samarinda. Dimana akan mempermudah distribusi besi kedaerah disekitarnya, seperti toko-toko besi di Samarinda, toko besi di tenggarong, toko besi di Melak, toko Besi Bontang dan toko-toko besi Sekitar Samarinda.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi kami.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *